Ir.Lilia S. Sukotjo, MLA: being landscape architect and developer


Sebenarnya dunia praktek lebih luas dari perkiraan, ada banyak hal dan kesempatan yang bisa di capai. Seperti Ibu Lilia yang berperan penting mengembangkan proyek perumahan Alam Sutra semenjak krisis tahun 98.

Sukses nya berdasarkan perhitungan dan kalkulasi yang tepat melihat demand dengan tajam. Memang presentasi yang disampaikan membuat siapa saja bisa yakin dengan proyek Alam Sutra ini termasuk para investor.

Gimic hijau dan sustainable menjadi tawaran ke konsumen, memang pada beberapa tahun kebelakang ini menjadi tren untuk berjualan walaupun konsep green belum tentu green. Tapi saya orang yang salah satunya yang tidak percaya dengan konsep green di mana-mana, apabila dilihat dengan logika setiap pembangunan pasti menghabiskan energy juga termasuk alam sutra ini, konsep boudary dengan lingkungan sekitar menjadikan area ini sangat ekslusif.

Apabila dilihat dari segi masterplan atau urban planner setiap pembangunan baru saat ini selalu berkonsep boundary dimana akses masuk dibatasi hanya one in dan out. Sangat sedih melihatnya soalnya perencanaan ini akan menimbulkan pengotakan2an baru di kawasan atau masyarakat, dan yang paling jelas tidak akan terkoneksi dengan sekitarnya.

Hal yang saya kritik lainnya apabila melihat proyek developmen yang sangat besar ini sangat berorientasi pada kendaraan, sehingga pada penuturannya 30 persen hanya untuk jalur kendaraan tidak sama sekali berorientasi ke transportasi umum dan pejalan kaki. Salah satu pertimbanggannya juga mungkin akan sangat mahal mengembangkan transportasi lokal, tapi saya berpikiran bahwa akan sama halnya konsep green akan meningkatkan nilai ekonomi apabila di kembangkan dengan tepat, semua orang rindun berjalan kaki dan bertransportasi umum dengan nyaman.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Leave a comment