Gedung Merdeka: kenapa pencahayaan warna-warni?


Ada penampilan yang berbeda dari wajah bangunan bersejarah Musem Konperensi Asia-Afrika malam tadi. wajahnya di selimuti dengan lampu warna warni yang berganti tiap kurang lebih tiap 30 detik.

Unik memang, di bandung memang belum ada yang seperti itu. tetapi pertanyaannya adalah atas pertimbangan apa di rubah menjadi demikian?pesan apa yang akan di sampaikan dari penambahan cahaya warna warni tersebut?

saya pikir bangunan yang begitu bersejarah, Anggun, Berkarakter seperti gedung Merdeka ini, perlu adanya dasar pemikiran dan tujuan yang jelas dalam setiap perubahan dan penambahan. tidak merubah menjadi turun karakternya, atau bahkan berubah jadi lucu.

penambahan pencahayaan yang di tambahkan hanya pada entry bangunan saja sedang pada bagian lainnya masih kelihatan gelap, karakter wajahnya masih flat dan gelap saja.

Secara teknis, pemilihan pencahayaan untuk bangunan tua pun memerlukan spesifikasi khusus, dipilih yang tidak merusak bangunan yang tua.

Desain pencahayaan baiknya mampu memperkuat karakter bangunan, dan mungkin akan mejadikan bangunan ini lebih iconic pada malam hari. pencahayaan pada wajah bangunan saya andaikan sama halnya seperti pencahayaan terhadap wajah orang dalam fotography, wajah setiap orang mempunyai karakter unik sehingga angle, warna cahaya atau intesitas cahaya yang di terpakan diharapkan akan lebih membuat orang tersebut lebih ganteng, cantik, berkarakter dll. lebih jauh lagi foto yang di hasilkan akibat pencahayaan tersebut adalah mempunyai emosi.

tetapi secara keseluruhan, idenya untuk mengekspose gedung merdeka suatu usaha yang sangat harus di apresiasi.

semoga esok Bandung lebih baik

firman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s