Arsitek praktis


image

Salut dengan anak muda yg perduli budayanya sendiri, sangat membuka wawasan akan indahnya arsitektur indonesia yg hanya sedikit diajarkan.

Bertemu dengan dosen senior beberapa hari yg lalu, berbicara banyak mengenai beberapa konsultan dunia dengan kekuatan r&d nya. Menjadikan konsultane2 tsb sangat kuat di dasain, detail, penciptaan ruang dan inovasi lainnya. Ada betulnya yg beliau sampaikan, arsitek indonesia adalah arsitek praktis.

Kepraktisan tersebut memang sudah ditanamkan semenjak kuliah, yg dilakukan adalah studi litelatur dan banding. Semalam saya mendengarkan ceramahnya renald kasali, kreatif tingking saja tidak cukup tapi harus bisa sampai ke art of thingking, sifat loser memang sudah tertanam dalam di diri kita dan diajarkan turun temurun, bagaimana semua hal rilihat permasalahannya terlebih dahulu bukan peluang.

Kepraktisan yg lain yg dilakukan arsitek profesional kita adalah berbondong bondong ke negeri orang untuk   melihat  karya orang lain yg mungkin hasil riset yg mendalam, dimodifikasi sedikit dan diagung-agungkan. Saya tidak pernah mendengar satu biro yg mengalokasikan untuk r&d di indonesia, mungkin untuk thr saja madih babak belur.

Sangat rindu dengan pemikiran yg mengakar, dqn cukup lega dengan adanya buku ini meskipun hanya sebagai litelatur.

Kembali ke google, archdaily, dezeen etc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s