Rumah murah, rumah lebih murah, atau rumah terjangkau?


Saya cukup tergelitik dengan konsep “rumah murah” tetapi apabila dilihat harga yang dikeluarkan sangat mahal, ada juga yang mengklaim permeternya lebih murah tapi harga rumah totalnya hampir 300 juta. Saya sangat appreciate dengan spiritnya, memang itu yang lebih mahal kali.

konsep rumah murah yang dipertunjukan saat ini mempertontonkan detail bangunan yang luar biasa, bahan2 yang mewah meskipun bekas. Apa itu bisa bikin lebih murah? Mungkin hitungan bahan mungkin iya tapi secara konstruksi akan sangat mahal.Mungkin ada juga yang permeternya lebih murah, tetapi harganya selangit secara keseluruhan. Mungkin akan lebih tepat di sebut dengan “rumah lebih murah”.

Dari perspektif saya rumah murah itu tidak hanya material tetapi bagaimana manajemen konstruksinya dan sustainabilitinya juga tidak melupakan kenyamanan dan program penggunanya. Ada banyak contoh rumah dinyatakan sebagai rumah murah, menggunakan bahan bekas, bentuk mnarik dan bahkan menggunakan material alami. Pertanyaannya apa yang terjadi setelah 5 atau 10 taun lagi atau bahkan lebih? Akan kah bisa bertahan atau akan banyak perbaikan dan maintanance mahal.

03 tropicalheaven

Sebetulnya rumah murah itu menjadi relatif, tergantung keuangan anda. Sebetulnya dalam pernyataan saya adalaha bagaimana membangun bukan “rumah murah” tetapi “rumah terjangkau” dalam artian semua orang bisa memiliki rumah apabila memakai metoda membangun dengan tepat juga menggunakan material yang tepat juga.

Rumah akan di skenariokan dibangun di sesuaikan dengan keuangan anda juga program ruang yang di butuhkan minimal tapi tidak berlebihan. Timing yang tepat akan sangat membantu keterjangkauan tersebut, bangunan akan tumbuh secara perlahan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

04 tropicalheaven

Kalo di totalkan mungkin akan sama saja dengan rumah reguler harganya tetapi dengan managemen yang tepat saya pikir semua warga negara ini bisa membuat rumahnya sendiri dengan penghasilannya sekarang ini.
Saya pikir akan menjadi penawaran yang menarik terhadap klien apabila menawarkan rumah yang bertahap sesuai dengan kemampuannya dan ini juga akan sangat menarik juga untuk para arsitek untuk mendesainkan bangunan tumbuh yang terjankau.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

02 tropicalheaven

4 thoughts on “Rumah murah, rumah lebih murah, atau rumah terjangkau?

  1. Halo mas, salam kenal.
    Kemarin kita juga punya pengalaman untuk buat rumah murah. Memang kalau menggunakan bahan2 standar yang ada di pasaran kayanya kita ngga bisa lebih murah lagi, kecuali bahan bekas. Saya setuju dengan pertimbangan tidak semua bahan bekas masih layak pakai dalam 5 – 10 tahun ke depan.
    Ide mas menarik sekali, dibandingkan memaksakan menggunakan bahan2 yang belum tentu layak pakai dalam jangka waktu panjang, lebih baik dibuat bertahap.
    Thanks for sharing this.

  2. mengenai desainnya mungkin masih belum greget, mungkin itu juga yang bikin kalah. kualitas render yang kurang, kualitas ruang belum teruji. disini saya hanya mau mengungkapkan ada prespektif lain dari “rumah murah” yang lebih “terjangkau”..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s