Krakatau Posco dan bencana


Area industri Krakatau Steel sedang dikembangkan lebih besar lagi, proses pengurugan lahan dan pemancangan sedang dilakukan. Yang menjadi pertanyaan lahan ini kan berdekatan dengan selat sunda dan gunung aktif Krakatau yang nota bene area yang berpotensi bencana sunami. Saya melihat belum ada infrastruktur yang bisa mengantisipasi bencana tersebut kecuali beberapa signage di beberapa tempat.

Perlu dipikirkan lebih detail lagi dan perlu simulasi terkait mitigasi bencana sunami di daerah Krakatau Steel, Anyer dan kota Cilegon. Karakter kawasan ini sangat unik karena sepanjang pantai dipenuhi pabrik-pabrik yang sebagian besar adalah pabrik kimia. Sedang di sekelilingnya juga masih banyak penduduk yang berdekatan dengan area industri ini. Apa yang terjadi apabila terjadi bencana? Bagaimana caranya selamat apabila terjadi bencana?

Pernah dilakukan simulasi bencana sunami di daerah ini, tetapi itu saja tidak cukup masih ada banyak pertanyaan yang perlu di pecahkan, diantaranya:
1. Seberapa cepat apabila berlaku bencana sunami akibat gempa patahan selat sunda samapai ke tepi pantai? 2. Apa dampaknya apabila pabrik kimia rusak akibat sunami?
3. Apakah diperlukan escape hill tambahan?
4. Dll

Yang jelas perlu adanya antisipasi dini untuk selamat dari bencana sebelum terlambat.

Leave a comment