Glenn Murcutt : Sustainability


umur manusia itu kebanyakan tidak melebihi 100 tahun, dan beregenerasi terus dengan perbedaan selera, keinginan dan teknologi. prinsipnya apakah bijak menggunakan teknology sebagai bangian dari solusi teknologi, saya setuju bahwa solusi dengan teknologi itu harus diperbaharui terus.

ada perspektif lain dari sustainablity, membangun dengan kekuatan selama mungkin atau membangun dengan sebijaksana mungkin. pemikiran sustainability biasanya hanya terbatas di area Before Use(concept) dan Use, disini desain merencanakan bangunan yang rendah energi, penggunaan potensi alam seefekti mungkin dll sehingga dalam penggunaannya bangunan tersebut akan menghemat energi sekian persen dan material bangunan yang murah, tetapi sedikit melupakan after use dimana dipikirkan bangunan tersebut bisa di recyle, dimanfaatkan lagi setelahnya, bagaimana menghancurkannya.

dengan perbedaan generasi perbedaan teknologi selera dll apakah bijak untuk membangun yang durabilitynya sangat tinggi? apakah lebih bijak membangun dengan durability sesuai dengan umur kita, setelahnya digunakan akan sangat mudah ditelan lagi oleh alam.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s