perpustakaan erasmus huis


PERPUSTAKAAN

Erasmus Huis memiliki perpustakaan dengan koleksi yang terdiri dari 17.000 judul buku, majalah Indonesia dan Belanda. Di samping karya kesusastraan Belanda dan karya ringan, perpustakaan Erasmus Huis juga memiliki koleksi buku tentang sejarah Indonesia dan Belanda serta seni dan budaya Indonesia. Perpustakaan ini juga memiliki bagian khusus untuk hukum. Perpustakaan Erasmus Huis memiliki sejumlah besar CD dan DVD. Perpustakaan ini banyak dimanfaatkan oleh sejumlah besar mahasiswa Indonesia yang belajar bahasa Belanda.
Perpustakaan ini juga mempunyai koleksi musik sekitar 965 buah CD, misalnya jazz cukup terwakili di koleksi ini dengan CD ensemble Paul van Kemenade, Piet Noorddijk, Maarten Ornstein dan Maarten van der Grinten. Penyanyi seperti Fay Claassen, Caroline de Rooy, Rita Reys dll. tetapi juga musik paduan suara, musik untuk biola dan piano dan piano-solo cukup banyak. Musik klasik (dari Abad Pertengahan sampai Mozart dan yang sezaman) dapat ditemukan diantara CD Combattimento Consort atau Florilegium Ensemble. Juga bisa dicari diantara nama-nama komponis: Bach, Händel, Vivaldi, De Fesch. Atau juga bisa dicari diantara nama musisi yang membawakannya: Brüggen, Koopman.
Pendek kata: Lihat-lihatlah di katalogus dan temukan dunia musik yang baru! Sebagai anggota perpustakaan, Anda bisa meminjam CD dengan uang jaminan sebesar Rp. 50.000,- per CD atau mendengarkannya di perpustakaan. Mintalah bantuan pengelola perpustakaan jika ada yang tidak dapat ditemukan sendiri.
Perpustakaan Hukum
Pada tahun 1997, koleksi perpustakaan Erasmus Huis diperbanyak dengan dibukanya perpustakaan hukum, yang kini terdiri dari 2500 judul. Sayang sekali, buku tentang hukum dan fiskal tidak dapat dipinjam, tetapi dapat dilihat dan difotokopi di perpustakan. Perpustakaan ini juga berlangganan majalah (hukum). Juga hadir koleksi pustaka hukum Eropa dan hukum Internasional. Tujuan perpustakaan ini adalah untuk membantu ahli hukum Indonesia dalam menjalankan pekerjaannya. Juga mahasiswa tentu diharapkan memanfaatkan perpustakaan ini. Masuk perpustakaan ini tidak dipungut biaya. 

Perpustakaan hukum ini merupakan prakarsa bersama Kedutaan Besar Belanda, IKADIN (Ikatan Advokat Indonesia), Ikatan Advokat Belanda, Kementerian Kehakiman dan Kementerian Urusan Luar Negeri Belanda dan penerbit Wolters Kluwer.
Biaya keanggotaan
1. Warga Indonesia: biaya keanggotaan tahunan Rp 30.000,-. Setiap anggota diperbolehkan meminjam buku maksimum 3 buah dengan waktu peminjaman 3 minggu. Jika ingin meminjam 5 buku sekaligus, maka biaya keanggotaan tahunan berjumlah Rp 60.000,-.
2. Mahasiswa Indonesia: biaya keanggotaan tahunan Rp 15.000,-. Setiap anggota diperbolehkan meminjam buku maksimum 3 buah dengan waktu peminjaman 3 minggu. Jika ingin meminjam 5 buku sekaligus, maka biaya keanggotaan tahunan berjumlah Rp 30.000,-.
3. Warga asing: biaya keanggotaan tahunan Rp 60.000,-. Setiap anggota diperbolehkan meminjam pinjam buku maksimum 3 buah dengan waktu peminjaman 3 minggu. Jika ingin meminjam 5 buku sekaligus, maka biaya keanggotaan tahunan berjumlah Rp 120.000,-.
4. Mahasiswa asing: biaya keanggotaan tahunan Rp 40.000,-. Setiap anggota diperbolehkan meminjam buku maksimum 3 buah dengan waktu peminjaman 3 minggu. Jika ingin meminjam 5 buku sekaligus, maka biaya keanggotaan tahunan berjumlah Rp 80.000,-.
Waktu buka Perpustakaan*
Senin – Kamis 09:00 – 16:00
Jum’at 09:00 – 14:00
Sabtu 10:00 – 13:00
Nomor telepon perpustakaan Erasmus Huis : +62 21 524-8252

Struktur Organisasi:

Data Managemen
Direktur : Paul Peters
Wakil Direktur : Jeroen Gankema
Asisten Wakil Direktur : Bob Wardhana
Asisten Wakil Direktur : Suni Sudradjat
Resepsi/Sekretariat: Lulus Yunindiah
E-mail: erasmushuis@minbuza.nl
Website: www.mfa.nl/erasmushuis
Tel.: +62 21 524 1069
Fax : +62 21 527 5978

sumber: facebook erasmushuis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s