Kata sakti mandraguna


Seorang politisi yang sukses adalah seorang yang mampu beradaptasi dengan keadaan, mampu melihat situasi dan mengendalikan situasi. Dengan beragamnya suku bangsa dia mampu melihat jalan tengah, itu yang menjadikannya pemimpin karena dianggap bisa mewakili seluruh bangsa ; seorang yang dipilih menjadi Rukun Tetangga atau Rukun Warga adalah salah satu kriteria utamanya orang yang bisa bersosialisasi dengan baik dengan mampu mendamaikan antar warga atau tetangga, bisa mencari solusi apabila terjadi permasalahan.

Sama halnya dengan arsitektur bangunan yang kita rancang diharapkan bisa menjadi kesatuan dengan lingkungannya dalam artian dengan adanya desain kita bisa mempunyai nilai lebih atau menguntungkan untuk lingkungannya. Arsitek itu saya pikir harus mempunyai karakter seorang Rukun Tetangga dan politisi yang baik, bisa mendamaikan, mewakili, dan mencarikan solusi.
Sebenarnya mungkin sudah sering kali mendengar kata “menghormati konteks”, tetapi menurut saya bagi sebagian orang ini agak sulit untuk di cerna karena berada satu level diatas dari pengertian normalnya.

Cara lain yang bisa saya lakukan adalah dengan menyederhanakan apapun, baik pengertian dan cara mendesain juga. Saya selalu menanamkan didalam pikiran kata “ berkompromi” untuk mengganti kata menghormati konteks, karena lebih mudah di cerna dan memudahkan untuk berfikir desain.

Kata “berkompromi” ini sangat sakti mandra guna untuk diterapkan di setiap desain. selain di pakai untuk mendesain dengan mudah, dengan mudah pula di pakai untuk mengevaluasi desain. Intinya penyederhanaan dalam berfikir sangat penting, bagaimana kita melihat permasalahan, menyederhanakan permasalahan, dan menyelesaikannya dengan berfikir sederhana pula.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s