Tips mencari kost


Setelah sekian lama menjadi anak kost ternyata ada yang terinspirasi untuk merangkum kiat mencari kosan. Ini di dapat dari milis beasiswa, mudah2an bisa berguna.

Jika beasiswa sudah di dapat, maka Kost yang nyaman merupakan faktor penting bagi seorang mahasiswa yang hidup merantau, jauh dari orang tua. Setiap orang tentu saja menginginkan tempat tinggal yang membuat betah. Namun, terkadang butuh kesabaran dan ketekunan untuk menemukan yang cocok.

Aada beberapa jenis cara ngekost :

1. Sewa rumah bareng temen

Pada cara ini, kita joinan ama temen-temen untuk kemudian menyewa sebuah rumah yang disewa per tahun (jarang ada rumah yang disewa per bulan). Umumnya dengan cara sewa rumah bareng temen ini kita merasa nyaman karena sudah akrab / kenal dengan penghuni rumah. Akan tetapi agak sedikit repot karena harus ada jadwal piket bergilir, membayar listrik+air, dll. Belum lagi harus bawa perabotan / furniture sendiri.

2. Rumah kost-kost an

Rumah kost-kost an ini ada yang jadi satu dengan rumah pemiliknya maupun terpisah bangunannya. Dan ada kost yang kosong maupun kost yang sudah ada barang-barang / furniture nya. Biasanya kost disewakan per bulan. Kita nggak usah mikirin uang patungan listrik+air, karena pada umumnya dikoordinir oleh pengelola kost.

Tips-tips lainnya :

1. Usahakan cari tempat kost yang tidak begitu jauh dengan kampus.

2. Cari tempat kost yang aksesnya mudah (baik dengan kendaraan pribadi / umum / jalan kaki). Perhatikan juga jenis angkutan apa saja yang melewati kost baik siang maupun malam hari.

3. Kalo bisa sih jangan ngekost di pinggir jalan banget, soalnya pasti bakal bising dengan suara kendaraan, kecual kalo tahan sih gak apa-apa. Dan jangan pula nyari kost yang letaknya jauh dipedalaman. Soalnya bakal repot pas pindahan.

4. Cari tau keberadaan tempat-tempat penting di sekitar kost, seperti misalnya :◦ Tempat fotokopian◦ Warung / Minimarket / Pasar◦ Wartel◦ Warnet◦ Rental Komputer / Printing◦ Tempat cuci cetak foto◦ Puskesmas / Dokter◦ Terminal / Stasiun​Tempat beribadah
5. Kalo udah dapet kost-kostan yang sekiranya cocok, coba tanyakan ke tetangga-tetangga sebelah gimana riwayat kost tersebut. Jangan-jangan dulu pernah ada anak kost yang mati gantung diri. Kalo iya, berarti kost-an tersebut adalah kost-an angker. Cari kost-an yang lain!.

6. Tanyakan pula kepada penghuni-penghuni kost yang ada disitu…. udah berapa lama mereka kost disitu?. Kalo misalnya ada yang udah kost sampe 2 tahun atau lebih, tandanya mereka betah dan kost-an tersebut kondisinya baik-baik saja.

7. Jangan lupa liat dulu anak-anak kost yang ada disitu. Siapa tau aja ada temen kuliah lo atau bahkan musuh bebuyutan lo yang udah tiga tahun nggak ketemu.

8. Tanyakan sumber air bersihnya, apakah dari sumur ataukah dari PAM? Gimana kondisi air pada musim kemarau? Jangan sampe nggak mandi gara-gara di kost kehabisan air.

9. Cari tahu keberadaan kamar mandi / WC

10. Jangan lupa tanyain berapa daya listrik yang ada di kost tersebut. Apakah uang kost sudah termasuk biaya listrik atau belum?. Kalo misalnya uang kostnya udah termasuk dengan uang litrik, adalah halal hukumnya jika kita bawa kulkas 2 pintu dan AC pribadi… hehehehe.

11. Jangan lupa liat keadaan sekitar tempat kost. Bersih? Kumuh? Jorok? Serem?. Jangan sampe pas kita udah ngekost ternyata kita barui nyadar kalo daerah sekitar kost-an kita itu ternyata banyak premannya… wah… kawasan BRONX deh…

12. Terakhir, agar lebih mudah, informasi tentang kost baru dan terupdate bisa dilihat langsung dan gratis di http://kost-e.com Selamat berburu kost.
🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s