I hate Sinetron Indonesia


Pernah di ulas di acara Mata Nadjwa mengenai statistik acara infotainment yang ternyata sangat mendominasi acara TV Nasional selama seminggu penuh dengan manfaat yang ga jelas mungkin apabila ada penelitan akan banyak dampak keburukan yang lebih jelas. Apabila diperhatikan, secara statistic SINETRON yang ad adi TV menempati posisi yang sama dengan Infotainment, dengan manfaat yang sama tidak jelasnya.

Saya sebetulnya tidak pernah menonton sinetron, tetapi saking banyaknya untuk setiap pindah chanel pasti akan menemui sinetron di beberapa chanel TV. Sebetulanya ada beberapa yang baik tetapi yang buruk terlalu mendominasi sehingga saya menulis ini sebagai kritikan untuk sinetron dan penonton yang seharusnya lebih pintar untuk mengkritisi yang di tontonnya.

Saya mengamati kebodohan yang ada di dalam cerita dan kualitas sinetron kita, saya tidak akan menyebutkan secara spesifik judulnya karena memang tidak tahu dan tidak pernah menonton dengan jelas.

1. Cerita yang hanya menjiplak sinetron dari luar

2. Cerita yang berulang ulang dengan pola yang sama antara sinetron satu dengan lainnya. I.e: cowo dan cewe ketemu tidak sengaja > saling marahan > tiba2 ada kejadian > kemudian jadi pacar .. mhh klasik

3. Pertemuan tiba2 dengan cara ketabrak mobil sangat sering terjadi di beberapa sinetron

4. Acting tidak wajar yang tidak ada dalam keseharian i.e: ngomong sendiri, mimik muka yang aneh yang tidak mungkin dilakukan orang normal dll

5. Mungkin di perhatikan banyak dialog2 yang tidak ada dalam keseharian

6. Terlalu mendramatisir masalah kecil jadi besar

7. Tidak mendidik penonton untuk bekerja keras, ceritanya menampilan kesuksesan yang sangat mudah.

8. Karater sinetron kita mengangap kemiskinan itu sangat menderita dan tidak bahagia.

9. Ada paradigma dengan harta akan mendapat kebahagaiaan

10. Cerita yang selalu mengetengahkan konflik, bukan hal positif

11. Mengajarkan metoda kriminalitas dengan detail

12. Menghalalkan balas dendam utuk yang protagonis

13. Orang jahat akan selalu jahat sampai akhir hayatnya, makanya narapidana susah untuk diterima lagi di masyarakat.

14. Gaya rumah orang kaya yang sama dengan bentuk arsitektur yunani yang tidak jelas , kota akan di hancurkan dengan gaya bangunan meniru gaya rumah sinetron yang diadopsi langsung dari sinetron,

15. Dengan mengendarai mobil akan lebih keren dan sangat mendominasi di dalam ceritanya, paradigma yang salah dan akhirnya sekarang kota2 di sesaki mobil2.

16. Dll, mungkin anda bisa tambahkan lebih banyak lagi

Secara keseluruhan karena sangat mendominasi acara TV, lambat laun akan sangat memengaruhi gaya hidup manusia Indonesia keseluruhan. Lebih parah lagi acara ini ada di waktu-waktu premium, anak kecil yang polos akan dengan mudah menonton dan terpengaruh buruk acaranya dengan cepat.

Mungkin ada yang menganggap sebagai hiburan, tapi kalo saya andaikan ini sebagai ROKOK yang lambat laun akan menggerogoti kehidupan kita. Mungkin apabila ada penelitan yang membahas dampak buruknya statistiknya akan mencengangkan menurut saya.

What do you think?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “I hate Sinetron Indonesia

    • yang lucu dari generasi sinetron adalah bayi yang baru lahir di kasih nama tokoh sinetron…, berapa banyak nama yang sama. di kampung saya saja nama Dafa sudah sepuluh kali, belum lagi amira, kesya dll.. haha negeri yang lucu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s