CIBE:Proses desain yang salah : sayembara ITB paket 2


Ide besar untuk sayembara itu sangat penting, apabila desain bisa direpresentasikan dalam satu kalimat berarti desainnya sudah selesai. Ini salah satu desain saya yang kurang salah dalam metoda desainnya, karena terlena dengan peraturan-peraturan di TOR. Memasukan program ruang, melihat efektifitasnya, tetapi tidak menjadi sesuatu hanya program ruangnya dan TOR nya saja yang terpenuhi tidak ada nilai lebihnya.

Desain itu adalah solusi dari permasalahan tetapi desain itu adalah penyataan, solusi sudah tercover tetapi pernyataan tidak ada disini. Ada baiknya untuk mendapatkan desain dengan karakter yang kuat dimulai dari penyataan terlebih dahulu sebelum menyelesaikan masalahnya.

OOT,Sepengalaman saya untuk memenagkan sayembara ternyata setiap orangmempunyai perbandigannya masing-masing, ada 1:2(1 menang : 2 ikut menjadi peserta),,1:4, 1:101:20 atau mungkin sampai sekarang belum pernah memenangkannya. Nah meskipun tidak pernah menjadi utama tetapi perbandigannya saya saya lewati adalah rata-rata 1:5, jadi semakin lama sebaiknya perbandingan tersebut makin mengecil, saya percaya pengalaman adalah guru yang paling baik.

Firman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s