Cihampelas Public Bath




Desain ini diajukan untuk mengganti tempat pemandian umum Cihampelas-Bandung yang telah di hancurkan yang akan di bangun Rusunami. Sayang sekali kolam renang pertama di Indonesia itu sudah tinggal reruntuhan. Desain ini di buat pada tugas studio, pendekatan yang dilakukan adalah memberikan ketegangan antara bangunan dengan konteks sekitar dan kota sehingga tercipta suatu icon baru di daerah Cihampelas ini.

Skema desain untuk meredasain Public Bath ini adalah respon terhadap kontektual kota bandung, memberikan karakter baru, serta menjembatani kebutuhan baik penduduk kota maupun sekitarnya. Sensitive terhadap kontekstual serta didadasari dengan pengertian terhadap kebutuhan akan Public Bath akan menciptakan tempat dengan karakter kuat.

Fungsi Public Bath di revitalisasi dengan penambahan fungsi baru, reprogramming harus lebih menarik dan lebih atraktif dengan menambahkan fungsi penunjang seperti : gymnasium, F&B, Beauty Treatment, fasilitas olahraga outdoor, Executive Club serta fasilitas penunjang parkir.

Karakter bangunan untuk menciptakan identitas, didesain unik dengan membawa pengalaman beribu tahun yang lalu di transformasikan dalam bentuk modern dan di gabung dengan program fasilitas yang baru. Façade dengan menampilkan suasana tebing-tebing yang disusun oleh kombinasi material batu dan kaca memberikan atmosfer berbeda dan baru.

Desain bangunan didesain dengan cermat untuk memaksimalkan ruang-ruang positif di dalam site, di setiap sudut-sudut bangunan di berikan pengalaman yang berbeda-beda dimulai rasa keakraban, ketegangan, keceriaan dan petualangan.

Ruang-ruang unik dengan karakter dan skala yang berbeda, di setiap fungsi desain ruang menyesuaikan fungsinya, dimulai dari ruang utama yaitu kolam serta fasilitas penunjangnya. Kolam terbagi menjadi beberapa bagian, dimulai dari kolam Olympic dan kolam-kolam rendam yang akrab begitu pula karakter yang di bentuk untuk fasilitas pendukung.

Didesain dengan permeabilitas tinggi dan sebagian terbatas, mengingat fungsi utama sebagai public bath privasi sangat di utamakan tetapi pada sebagian fungsi seperti F&B dan Life style Mall akan sangat mudah di akses oleh orang serta setiap tempat selalu mempunyai alternatif pilihan akses.

Ruang plasa di fungsikan sebagai pengikat ruang dan bangunan, penangkap pertama dari akses utama jalan Cihampelas adala plasa pertama yang membagi akses antara public bath dan Cihampelas Walk yang berfungsi juga sebagai penangkap yang kemudian mengalirkan pengunjung dari CIhampelas Walk kedalam site ini. Plasa utama berada di antara bangunan-bangunan yang berfungsi mengalirkan pengunjung kedalam fungsi-fungsi didalamnya selain itu plasa utama ini dapat difungsikan sebagai ruang fleksibel yang bisa berfungsi sebagai tempat pameran, konser, louncing produk, fashion show ,dll.

Pemisahan dengan jelas sirkulasi manusia dan kendaraan, supaya tercipta kenyamanan akses manusia dari jalan cihampelas didesain sama sekali tidak terpotong kendaraan. Gedung parkir berdekatan dengan punggung bangunan Cihampelas Walk sebagai Barier dengan sirkulasi yang bisa langsung mengakses fungsi-fungsi didalamnya.

 

Landsekap aktif, didesain dengan menambahkan beberapa kegiatan olahraga dan fungsi F&B yang menghadap ruang luar di sekitar sehingga kegiatan didalam bangunan bisa tersambung ke ruang luarnya. Sungai didesain sebagai elemen landsekap yang bisa dinikmati dari promenade dan bangunan dan juga sebagai barier antara site dan perkampungan didalamnya. Bangunan sebisa mungkin mempertahankan pohon-pohon di sekitarnya.

Sungai ditreatmen dan di fungsikan kembali, skema yang dilakukan adalah dengan menambahka dek baru diatasnya sehingga sungai kotor dan bau akan berada di bawahnya yang akhirnya pada pinggiran sungai akan di fungsikan sebagai promenade sepanjang sungai dengan pohon-pohon rindang.

Sistim struktur sederhana, desain menggunakan sistim kolom dan balok sehingga memungkinkan keterbangunan, serta menggunakan grid yang memungkinkan efektitas ruang-ruang didalamnya maksimal.

firman

>>my file to be shared<<

2 thoughts on “Cihampelas Public Bath

  1. menarik sekali desainnya bung firman 25209024, apalagi setelah lama tak berjumpa, hehe…

    saya justru tertarik dengan narasi, kata “ketegangan” dalam paragraf pertama, demikian puitis. Dan memang sebuah strategi yang menarik dalam menginteraksikan variabel kota dan konteks setempat.

    terakhir tentang “lagoon” yaa…. saya akhir-akhir ini sering berhubungan juga dengan kata “lagoon”…hihi

    oh ya..jangan lupa adanya “memory of place” disana…

  2. thaks for ur comment, saya pikir juga sama, memory of place sangat penting disana.., makanya fungsi lama di kembalikan tetapi dengan pendekatan baru.. supaya lebih menjual, mengingat alasan di hancurkan tempat ini salah satunya karena kurang menjual.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s